Breaking News

Yuk, Atasi Gangguan Kesehatan dengan Dokter Umum Bersama SehatQ.com!


Pergi ke rumah sakit, klinik, ataupun tempat praktik dokter menjadi langkah terbaik saat ingin melakukan konsultasi gangguan kesehatan atau untuk mendapatkan pengobatan yang sesuai. Ada banyak bidang spesialis yang bisa dipilih. Seperti menemui dokter berdasarkan keluhan gangguan kesehatan atau penyakit tertentu.

Memahami Tugas Utama Dokter Umum

Masih banyak dari kita yang kurang mengerti atau bingung harus menemui spesialis atau umum ketika ingin berobat. Apalagi bila belum mendapat gambaran sama sekali mengenai penyakit yang sedang diderita. Pada dasarnya Anda bisa temui dokter umum lebih dulu untuk melakukan konsultasi awal jika memang belum tahu harus memilih spesialis bidang apa. Ada pun tugas dokter di bidang umum di antaranya:

1. Melakukan Wawancara Medis

Tugas utama ialah melakukan wawancara medis bersama pasien yang menerapkan keahlian anamnesis. Wawancara ini memiliki tujuan untuk mengetahui apa permasalahan kesehatan yang sedang diderita dan dihadapi oleh pasien tersebut. Pasien akan diminta untuk menyebutkan keluhan yang dirasakan.

2. Melakukan Pemeriksaan Fisik Secara Umum

Setelah melalui sesi wawancara, dokter akan melakukan pemeriksaan fisik terkait keluhan tersebut seperti mengecek bagian atau area pada tubuh yang mengalami masalah. Tugas ini bertujuan menentukan diagnosis dan menentukan pengobatan paling tepat bagi pasien. Pengobatan ini bisa berupa obat-obatan oral, atau pun pengobatan fisik dengan melalui sesi terapi.

3. Mengadakan Sesi Konseling dengan Pasien

Tugas berikutnya, dokter mengadakan sesi konseling atau memberi edukasi pada pasien dalam hal pemeliharaan kesehatan. Mereka akan memberi sejumlah saran dan informasi yang berfungsi membantu pasien agar cepat sembuh dan pulih dari penyakitnya.

4. Memberi Resep Umum dan Langkah Pencegahan

Kemudian para dokter umum bertugas memberi resep obat-obatan umum, juga memberi tahu apa saja langkah pencegahan yang bisa dilakukan. Termasuk melakukan rehabilitasi medis mendasar dengan tujuan mencegah terjadinya komplikasi.

5. Membantu Pasien dalam Penerapan Pola Hidup Sehat

Tugas lainnya berupa membantu pasien untuk bisa menerapkan pola hidup yang lebih sehat demi mendukung proses penyembuhan. Biasanya pola hidup sehat yang dimaksud ini berhubungan juga dengan langkah pencegahan agar penyakit tidak semakin parah dan sembuh secepatnya.

6. Mengusulkan Sejumlah Tes Kesehatan Penunjang

Dokter juga memiliki tugas dalam mengusulkan tes kesehatan penunjang bagi pasiennya. Tes kesehatan tersebut bisa meliputi tes darah, tes urin, dan jenis tes lainnya yang membantu dokter atau pun specialist bisa mendiagnosis lebih tepat. Biasanya bila penyakitnya tergolong parah atau mengarah pada penyakit tertentu, hasil tes disarankan untuk dibawa kepada specialist.

7. Memiliki Tanggung Jawab dalam Merujuk Pasien pada Dokter Spesialis

Agar pasien mendapat pengobatan lebih tepat, tugas seorang dokter umum yaitu membuat rujukan untuk melanjutkan sesi konsultasi dan pengobatan dengan dokter spesialis. Nah, seperti yang disebut di awal, Anda bisa temui dokter bidang umum lebih dulu jika belum mengetahui atau bingung memilih spesialis bidang apa untuk berobat.

Memiliki keluhan dan ingin melakukan sesi konsultasi atau konseling bersama dokter umum hanya dari rumah saja? Anda bisa melakukan sesi tersebut secara praktis melalui gadget melalui SehatQ.com yang menyediakan beragam layanan kesehatan. Selain itu Anda juga bisa membuat janji konsultasi langsung bersama para dokter bidang umum, maupun spesialis di banyak rumah sakit dan klinik. SehatQ bisa membantu Anda dalam mendapatkan pelayanan kesehatan yang lebih mudah, praktis, dan efisien.

Tidak ada komentar