Breaking News

Musim Hujan Mulai Tiba? Yuk Kenali Penyebab Mobil Mogok


Melakukan perjalanan menggunakan mobil ketika musim hujan adalah alternatif dan solusi agar tubuh tetap terjaga dari terpaan air hujan. Namun, kondisi mobil mogok di perjalanan menjadi hal yang merepotkan bukan? Selain anda akan basah tertimpa hujan, kemacetan juga dapat terjadi karena kondisi mobil anda. Untuk itu, simak penyebab mobil mogok berikut ini.
 

Hal Yang Perlu Diperhatikan Agar Mobil Tidak Mogok

1. Periksa Kondisi Karburator

Pemilik mobil sebaiknya memeriksa kondisi karburator secara rutin. Kondisi karburator yang tidak tertutup rapat dapat menyebabkan air masuk. Akibatnya, sistem kinerja karburator akan terhambat karena bahan bakar tidak dapat tersalurkan ke mesin. Hal ini dapat menyebabkan mobil berhenti seketika.
 

2. Periksa Bagian Mesin

Mesin adalah bagian utama yang dapat memacu mobil agar tetap berjalan. Apabila terdapat komponen mesin mobil yang sudah hilang, segera lengkapi komponen tersebut agar mobil dapat bekerja dengan maksimal. Begitu pula, usahakan kap mesin tertutup agar tidak ada air yang dapat mengganggu kinerja mobil anda.
 

3. Periksa Aki Mobil

Aki merupakan komponen yang sangat penting karena merupakan sumber energi yang dapat memacu mobil bergerak. Untuk itu, anda perlu mengecek aki secara berkala. Pengecekan ini dapat berupa memastikan kabel aki terpasang dengan benar dan perhatikan umur aki agar tidak mengering.
 

4. Periksa Switcher Starter

Switcher starter dapat menjadi salah satu penyebab mobil mogok ketika mengalami kerusakan. Jika switcher starter mengalami aus, arus listrik yang bekerja pada mobil tidak dapat terhubung ke aki dan dinamo starter. Akibatnya, mobil hanya akan bisa dinyalakan ketika didorong. Untuk itu, jika switcher starter sudah tampak aus, sebaiknya diganti yang baru.
 

5. Periksa Kondisi Radiator

Air radiator dalam mobil dibutuhkan agar sistem pendinginan pada mobil bekerja dengan baik. Jika air radiator tidak cukup, mesin mobil akan memanas atau overheat dan mengalami mogok di jalan. Selain itu, kondisi tutup radiator atau selang radiator yang rusak juga dapat memicu kebakaran mobil.
 
Mobil adalah salah satu kendaraan yang dibutuhkan untuk menunjang perjalanan anda. Untuk itu, mengecek kondisi mobil penting untuk dilakukan. Tentunya, jika anda ingin melakukan perjalanan yang jauh maupun dalam kondisi apapun. Dengan pengecekan secara berkala, anda akan terhindar dari kondisi yang tidak anda inginkan.

Tidak ada komentar