Breaking News

Mengenal 3 Kategori Umum Hose Reel

Mengenal-3-Kategori-Umum-Hose-Reel

Penggunaan hose reel sudah menjadi hal yang umum, terutama dalam dunia industri. Baik industri pertambangan, makanan, kesehatan, dan sebagainya. Namun, meskipun sama-sama menggunakan hose reel, tentunya tipe yang digunakan tidaklah sama. Bahkan dalam satu industri saja, bisa saja menggunakan beragam tipe hose reel yang berbeda tergantung dari penggunaannya. 
 
Lalu apa sajakah tipe hose reel yang umum digunakan? Berikut ini adalah beberapa di antaranya: 
 

3 Kategori Utama Hose reel 

 

1. Spring retractable. 

Jenis yang satu ini juga sering dikenal dengan istilah auto rewind, spring rewing, spring driven, atau auto retractable. Meskipun memiliki nama atau istilah yang berbeda, tetapi semuanya memiliki sistem kerja yang sama. Sistemnya yaitu ketika selang ditarik maka selang akan memberikan tekanan pada pegas. Setelah selang selesai digunakan, tekanan pada pegas membuat selang dapat ditarik dan digulung kembali ke dalam drum reel. 
 
Dengan sistem kerja seperti ini, hose reel ini memiliki keterbatasan pada jenis pegas yang digunakan. Tidak hanya itu, hose reel ini juga memiliki batas panjang maksimal yaitu 30 meter untuk selang dengan ukuran diameter 25 mm. 
 

2. Manual rewind. 

Tipe yang satu ini memiliki metode yang jauh lebih ekonomis dan praktis, terutama untuk penggunaan selang berukuran panjang tanpa harus menggunakan bantuan tenaga listrik atau mesin. Secara garis besar, sistem kerjanya menggunakan sebuah tuas atau pegangan pada drum yang dapat digunakan untuk memutar drum tersebut. Hose reel tipe ini dapat dipergunakan untuk penggunaan selang yang panjangnya mencapai 60 m, bahkan lebih jika ukuran selang lebih tipis. 
 
Hanya saja, seperti yang ditunjukkan oleh namanya, manual rewind berarti pengoperasiannya dilakukan secara manual alias dengan tenaga manusia. Karena itulah hose reel tipe ini kurang efektif jika dilihat dari segi tenaga dalam pengoperasiannya. 
 

3. Motor driven. 

Kebalikan dari kategori manual rewind, jenis yang satu ini dapat dioperasikan dengan menggunakan mesin. Dengan begitu hose reel ini jelas akan lebih hemat tenaga dan juga waktu. Namun sama seperti tipe lainnya, hose reel ini juga memiliki keterbatasan pada panjang selang. Tidak hanya itu, karena menggunakan motor sebagai tenaga penggeraknya, maka hose reel ini tidak dapat bekerja tanpa adanya motor penggerak, misalnya saat terjadi kerusakan. 

Penggunaan hose reel sangat penting karena dapat membantu Anda memastikan bahwa selang yang digunakan dalam operasional sehari-hari pasti selalu tersimpan dengan rapi, hingga meminimalisir risiko kerusakan. Di samping itu, alat ini pun dapat meningkatkan aspek keamanan dan keselamatan para pekerja di lokasi atau site. Namun, semua manfaat tersebut dapat tercapai jika Anda memilih tipe yang sesuai untuk industri Anda.

Tidak ada komentar