Breaking News

Ini Beberapa Hal yang Perlu Anda Ketahui Tentang Coronavirus

Ini-Beberapa-Hal-yang-Perlu-Anda-Ketahui-Tentang-Coronavirus

Pasti saat ini Anda sering mendengar mengenai coronavirus atau virus Corona Covid19. Virus ini kini telah menjadi pandemi global karena telah menyebar ke berbagai negara dengan cepat. Virus yang pertama kali ditemukan di Wuhan China ini, merupakan salah satu dari kelompok virus corona atau virus influenza yang mudah ditularkan melalui droplet atau tetesan liur penderita pada saat batuk atau bersin. Meski berupa virus yang bisa sembuh dengan sendirinya tergantung dari kekebalan tubuh penderita, namun cepatnya penyebaran virus ini sangat mengkhawatirkan.

Virus Corona yang sudah masuk ke dalam tubuh seseorang akan membuatnya penderita dengan kekebalan tubuh rendah mengeluarkan gejala seperti batuk dan demam. Beberapa orang juga mengalami pilek dan pusing hingga diare. Bagi mereka yang sistem pertahanan tubuhnya bisa melawan, gejala virus tidak akan bertambah parah dan bahkan bisa sembuh dengan sendirinya. Namun bagi yang berada pada kondisi lemah, ia akan mengalami gejala lanjutan yaitu sesak nafas hingga pneumonia akut. Kondisi pneumonia akut inilah yang sangat dikhawatirkan karena dapat merenggut nyawa jika tidak ditolong dengan cepat dan tepat. Pasien yang terpapar virus corona dan tidak bergejala tetap dapat menyebarkan virus kepada orang lain dan inilah yang disebut dengan istilah carrier atau pembawa.

Virus corona sangat mudah ditularkan karena memiliki sifat yang bisa bertahan di benda mati hingga berjam-jam. Berikut ini adalah jangka waktu prediksi virus corona mampu bertahan hidup di luar tubuh manusia:
  1. Kaca selama hingga 5 hari.
  2. Plastik hingga 3 hari.
  3. Baja hingga 3 hari.
  4. Tembaga selama 4 jam.
  5. Udara selama hingga 30 menit.
  6. Kertas atau kardus selama 24 jam.
  7. Sarung tangan atau kain 8 jam.
Dengan sifat virus yang bisa bertahan dalam waktu cukup lama di benda mati tersebut, masyarakat harus berperan aktif dalam usaha memutus rantai penyebaran dengan aktif melakukan desinfektan pada berbagai permukaan yang sering disentuh atau bersentuhan dengan benda lain seperti gagang pintu, tombol eskalator dan sebagainya. Virus corona sangat rentan terhadap cairan desinfektan, detergen dan sabun sehingga sebisa mungkin Anda melakukan bersih-bersih menggunakan desinfektan minimal 2 kali dalam sehari di dalam rumah dan mencuci tangan dengan sabun sesering mungkin. Virus ini tidak bisa masuk melalui kulit namun bisa masuk melalui hidung, mulut dan mata. Karena itu jangan sekali-kali menyentuh area tersebut jika Anda belum cuci tangan.

Hingga saat ini belum ada obat untuk mengobati pasien Covid19. Meski begitu beberapa negara mengklaim telah menemukan vaksin Covid19 yang dapat mencegah atau memberikan kekebalan bagi masyarakat sehingga tidak tertular. Karena virus ini merupakan kasus baru, maka penemuan vaksin juga belum bisa digunakan secara umum dalam waktu dekat. Untuk itu, mematuhi anjuran pemerintah untuk menjaga jarak atau sosial distancing merupakan cara pencegahan yang paling efektif untuk memutus rantai penyebaran coronavirus. Selain itu selalu terapkan gaya hidup higienis dengan rajin mencuci tangan dan membersihkan benda-benda di sekitar Anda agar steril dari kontaminasi virus. Hindari berkumpul dengan banyak orang karena Anda tidak tahu apakah salah satu diantaranya merupakan pembawa virus corona dan bisa menularkannya kepada orang lain. Perbaiki sistem imun dengan mengkonsumsi makanan sehat seperti buah, sayur, suplemen dan susu untuk daya tahan terhadap infeksi virus dan bakteri.

Tidak ada komentar