Breaking News

Kebutuhan Dana untuk Melahirkan, Sudahkah Anda Siap?

Kebutuhan-Dana-untuk-Melahirkan-Sudahkah-Anda-Siap

Memiliki momongan setelah menikah? Siapa yang tak menginginkannya. Memiliki momongan adalah impian dari seluruh pasangan. Namun, saat istri mulai hamil, ada begitu banyak hal yang harus dipikirkan, tak hanya tenaga untuk merawat sang buah hati, Anda harus menyiapkan berbagai macam biaya untuk mencukupi kebutuhan hariannya. 

Memang, tak ada jumlah tepat saat mempersiapkan anggaran. Semua bergantung pada penghasilan serta biaya persalinan. 

Perencanaan Keuangan saat Menyambut Si Kecil 

Meskipun demikian, ada beberapa tips merencanakan keuangan saat akan menyambut si kecil, berikut beberapa diantaranya: 

1. Ketika pra persalinan 

Biaya saat menyiapkan kelahiran si kecil dibagi menjadi dua, yaitu biaya tak terduga dan biaya pasti. Untuk biaya pasti seperti pemeriksaan kesehatan Anda setiap bulannya seperti obat-obatan, nutrisi, USG janin, vitamin hingga suplemen. Selain itu, ada pula biaya pakaian hamil. Ketika mengandung, Anda harus mengenakan pakaian yang nyaman. Memang, harus diakui jika kebutuhan belanja baju hamil tidak bisa dihindari karena semakin lama perut akan semakin membesar sehingga membutuhkan pakaian khusus untuk kenyamanan Anda. 

Biaya lain yang harus disiapkan adalah biaya tak terduga seperti senam ibu hamil. Biasanya, biaya tak terduga ini menjadi lebih membengkak karena kita tidak memiliki prioritas. Pada dasarnya, biaya seperti ini dapat disiasati dengan menunda membeli barang-barang yang tidak terlalu penting untuk bayi, karena biasanya kerabat akan memberikan kado seperti perlengkapan bayi. 

Biaya tak terduga lain yang harus disiapkan adalah saat Anda ngidam. Tak jarang, ada pula baby blues syndrome. Biasanya, untuk mengatasi hal ini, para suami akan membelikan berbagai macam hal yang membuat istri senang. 

2. Biaya persalinan 

Untuk biaya ini, sebenarnya jumlahnya cukup beragam, bergantung dari metode persalinan serta ruang rawat inap yang digunakan. Tetapi, ada beberapa biaya yang dapat dihitung sejak dini seperti biaya ruang inap bayi, biaya ruang inap ibu, biaya vacuum, biaya persalinan dan yang lainnya. 

Untuk melahirkan, agar lebih murah Anda dapat menggunakan jasa bidan. Biasanya, bidan juga menawarkan jasa persalinan di rumah, sehingga suasana melahirkan menjadi lebih nyaman. Namun, harus dicatat jika jasa bidan disarankan bagi Anda yang memiliki kondisi kesehatan yang prima, karena ketika terjadi kendala, bidan akan merujuk ke rumah sakit. 

Bila saat pemeriksaan Anda memiliki kendala, lebih baik bersiap menggunakan tabungan darurat, karena biaya melahirkan saat menggunakan dokter di rumah sakit lebih besar dibandingkan dengan menggunakan bidan. 

Apakah Anda malah sudah merencanakan persalinan di rumah sakit saat ini? Jika demikian, pilih paket dengan harga yang terjangkau. Biasanya, rumah sakit memiliki beberapa paket yang ditawarkan. Harga paket ini cenderung lebih ringan dibandingkan dengan memesan satu demi satu. 

3. Setelah persalinan 

Setelah persalinan, kebutuhan Anda dan buah hati akan semakin bertambah. Anda harus menyiapkan perlengkapan bayi baru lahir seperti popok, pakaian bayi, dan lainnya. 

Selain itu, jika Anda bekerja sebagai karyawan perusahaan, Anda harus mendiskusikan menggunakan jasa pengasuh mulai dari sekarang. Namun, jika Anda merupakan ibu rumah tangga, jasa pengasuh ini tidak begitu dibutuhkan. Anda juga dapat meminta bantuan kerabat untuk mengasuh buah hati. 

Tips Menghemat Anggaran Melahirkan 

Agar biaya lahiran bisa lebih dihemat, berikut beberapa tips yang dapat Anda lakukan, antara lain: 

  • Hindari berhutang. 
Persiapan melahirkan, tidak boleh dilakukan dengan mendadak, oleh sebab itu hindari berhutang dalam bentuk apa saja seperti menggunakan pinjaman dari bank atau menggunakan kartu kredit. Jika memang harus meminjam, hindari menggunakan pinjaman untuk kebutuhan yang tak seharusnya. 

  • Beri ASI eksklusif 
Tak hanya karena kesehatan, ASI dapat menjadi teknik untuk menghemat anggaran setelah persalinan. Saat memberikan ASI eksklusif, Anda tak perlu membeli susu selama 6 bulan lamanya. 

Untuk menghemat deretan anggaran di atas, Anda bisa menabung mulai dari sekarang. Angka tabungan yang dimasukkan bergantung dari gaya hidup dan penghasilan yang Anda miliki. Menabung sedini mungkin agar keuangan selama masa kehamilan dan persalinan dapat dipenuhi dengan baik.

Tidak ada komentar