Breaking News

Tips Cara Mencegah Bibir Terbakar Sinar Matahari


Tidak cuma kulit tubuh serta muka saja yang dapat terbakar matahari, bibir lho! Karena susunan kulit bibir kita tipis serta terhitung sisi muka yang termudah terkena cahaya matahari langsung. Bibir yang terbakar matahari akan sangat terasa sakit, bahkan tingkatkan kesempatan terserang kanker kulit. Tenang dahulu, terdapat beberapa langkah untuk menahan supaya bibir Anda tidak terbakar cahaya matahari. Yuk, dibaca! 

Bibir bawah seringkali jadi “korban” sengatan matahari sebab memiliki bentuk yang lebih mencolok dari bibir atas. Tetapi tidak cuma akan berasa panas serta ngilu, bibir yang terbakar cahaya matahari berwarna lebih gelap. 

Bila ingin jaga bibir masih sehat serta warnanya cerah, yuk jagalah dengan beberapa langkah tersebut: 

1. Jauhi cahaya matahari langsung di waktu tersendiri 

Bila Anda merencanakan pergi ke luar rumah, jauhi waktu antara jam 10 pagi sampai 4 sore terkecuali memang menekan. 

Cahaya matahari di waktu ini paling terik serta kuat yang dapat bikin rugi kulit. Ditambah lagi bila tidak dilindungi oleh tabir surya atau baju tertutup. 

Oleh karenanya, sedapat mungkin pakai masker penutup hidung membuat perlindungan bibir dari sengatan matahari langsung yang dapat merusaknya. 

Debra M. Langlois, M.D., asisten dosen kedokteran anak di University of Michigan,jugamenyarankan untuk menggunakan topi dengan pinggiran yang lebar atau payung untuk menahan agar bibir tidak terbakar matahari. 

2. Gunakan tabir surya 

Tabir surya tidak cuma diperuntukkan membuat perlindungan kulit muka serta badan saja. Termasuk bibir supaya tidak terbakar matahari. 

Menurut Adena Rosenblatt, M.D., Ph.D., dokter kulit anak di Amerika Serikat, pakai cream tabir surya ber-SPF minimum 30 yang memiliki kandungan zinc oxide atau titanium dioxide. Tabir surya ini menolong mencegah paparan cahaya matahari yang beresiko terserap ke kulit bibir. 

Tidak hanya tabir surya, Anda dapat juga meningkatkan perlindungan bibir dengan memakai lipstik atau lip balm yang memiliki kandungan SPF. Triknya berikan dahulu tabir suryanya serta nantikan sampai kering, baru berikan lipstik atau lipbalm itu. 

Produk pelindung bibir ini harus digunakan sebelum Anda mulai beraktivitas di luar ruang. Bahkan juga walau cuaca di luar mendung sebab radiasi cahaya matahari masih dapat sampai ke kulit bibir. Oleh karenanya, tetap pakailah tabir surya lepas dari apapun keadaan cuaca waktu itu. Jangan pernah tidak. 

Butuh diingat jika menggunakan tabir surya kurang sekali untuk menahan bibir terbakar matahari. Tabir surya atau sunblock butuh dioles-oleskan berkali-kali minimum tiap 2 jam sekali sebab gampang luntur. Ditambah lagi menggosok bibir, menjilat bibir, makan, serta minum dapat membuat susunan perlindungan sunblock cepat hilang. Begitupun dengan mengulang-ulang memoleskan lipstik atau lipbalm ber-SPF. 

3. Beri petroleum jelly 

Petroleum jelly tidak dapat mencegah radiasi cahaya matahari. Tetapi, jangan terlewat penggunaan petroleum jelly untuk menolong menahan bibir terbakar matahari. Produk ini menolong jaga bibir masih lembap hingga tidak gampang kering walau terus terkena cahaya matahari serta angin. 

Beberapa ahli mereferensikan memoleskan petroleum jelly pada bibir paling tidak 30 menit sebelum keluar rumah. Selanjutnya, janganlah lupa untuk mengoleskannya kembali selama seharian khususnya sesudah makan atau minum.

Tidak ada komentar