Breaking News

Tips Bagi Pemilik Apartemen Yang Menghadapi Penyewa Bertingkah


Sekarang ini, apa tengah ada penyewa apartemen di unit punya Anda? Jika Anda tidak melawan permasalahan dengan si penyewa sekarang ini, tentu saja Anda mengharap yang akan datang beberapa penyewa yang lainnya dapat juga berlaku demikian. Tetapi, jika Anda mengerti jika karakter asli penyewa telah mulai terlihat saat telah lakukan tanda-tangan kontrak sewa-menyewa, Anda mungkin mesti waspada. 

Beberapa sikap penyewa apartemen bertingkah ialah dari keterlambatan bayar, seenaknya melakukan modifikasi apartemen tanpa ada minta izin terlebih dulu, mengganggu ketenangan di lingkungan apartemen, atau kabur demikian saja dari keharusan mereka. Supaya pemilik serta manajemen gedung apartemen tidak dirugikan, Anda bisa ikuti cara-cara tersebut untuk melawan penyewa yang bertingkah. 

Basic Hukum buat Penyewa Apartemen 

Menurut Masalah 1560 KUHPer, keharusan penyewa yakni: 

“Penyewa mesti menepati dua keharusan penting: 

  • Menggunakan barang sewa menjadi seseorang kepala rumah tangga yang baik, sesuai arah barang itu menurut kesepakatan sewa atau bila tidak ada kesepakatan tentang hal tersebut, sesuai arah barang itu menurut persangkaan tersangkut kondisi; 
  • Membayar harga sewa pada saat yang sudah dipastikan.” 

Melawan Penyewa Apartemen Bertingkah 

Sesudah tahu basic hukumnya, Anda bisa bersambung ke langkah melawan penyewa yang Anda pikir tidak menjalankan kewajibannya dengan pas. Karena itu, bila penyewa lakukan kelengahan seperti telat bayar atau mengakibatkan kerusakan property Anda, perihal yang dapat dikerjakan ialah: 

1. Menguatkan Kesepakatan Sewa Menyewa 

Biasanya isi dari Kesepakatan Sewa meliputi beberapa hal seperti tata langkah pembayaran serta harga sewa, denda/penutupan, penyegelan object sewa, pengakhiran kesepakatan, dan lain-lain bergantung persetujuan Anda bersama dengan penyewa. Bila surat kesepakatan itu kuat (disahkan oleh pihak berkuasa atau manajemen), Anda bisa memakai kesepakatan itu untuk membawa permasalahan ini dengan perdata atau pidana. Tetapi, yakinkan terlebih dulu jika persoalan Anda bersama dengan penyewa sudah diupayakan untuk dituntaskan dengan kekeluargaan terlebih dulu. Anda dapat minta pertolongan manajemen gedung untuk menolong Anda di sini. Tetapi, jika semua langkah berikut sudah dikerjakan serta penyewa masih tetap memiliki masalah, baru Sebaiknya anda naik ke tingkat pidana. 

2. Memberikan toleransi atau berlaku obyektif 

Dibanding terikut emosi, coba untuk berlaku obyektif. Mungkin keuangan keluarga si penyewa apartemen tengah sulit, atau si penyewa mengalami bencana besar yang menghambatnya membayar cost sewa apartemen. Atau penyewa merenovasi dibagian tersendiri dalam situasi cepat-cepat sebab satu diantara utilitas apartemen Anda yang telah rusak, tapi Anda tidak kunjung membenahinya, walau sebenarnya si penyewa seringkali memakainya. 

Jika alasan-alasan ini valid serta benar, Anda bisa memberikan kelonggaran dikit dengan catatan jika kelonggaran ini ada eranya, contohnya satu atau dua bulan saja. 

3. Rajin mengecek unit apartemen 

Kerjakan kunjungan teratur ke apartemen Anda serta yakinkan semua utilitas serta peralatan unit masih tetap kerja dengan baik. Awalilah dari listrik, dinding, air, AC, shower, dan lain-lain. Bila penyewa lupa membayar tagihan air, listrik dan sebagainya, janganlah sangsi untuk memperingatkan mereka. Umumnya mereka akan sungkan untuk melakukan perbuatan semena-mena pada Anda serta tidak memandang mudah si pemilik apartemen, sebab Anda seringkali singgah ke apartemen. 

4. Minta mereka untuk geser 

Jika si penyewa masih tetap tidak mengatur sikapnya atau telah melalui batas toleransi, serta Anda tidak punya niat untuk ikuti jalan hukum, baru Anda pemilik apartemen memiliki hak untuk minta mereka pergi. Anda bisa memberi mereka waktu untuk mencari rumah lainnya dalam periode waktu 30 hari. Tetapi, bila penyewa masih tetap tidak bersedia keluar dari apartemen, Anda begitu diijinkan untuk ikuti jalan hukum serta lakukan tuntutan perdata atau pidana. 

Demikianlah langkah melawan penyewa apartemen yang bertingkah yang sudah kami kumpulkan untuk Anda. Kami berharap Anda dapat terbantu dengan tips ini. Tetap pertimbangkanlah untuk memakai Saleshack dalam pasarkan properti-properti Anda, sebab Saleshack ialah satu layanan pemasaran property seperti apartemen, rumah, tanah, ruko serta yang lain yang murah, cepat dan mudah penyelesaiannya. Cukup hanya IDR 399,000.00 nett, apartemen Anda bisa dibantu disiarkan di 15 online channels di semua Indonesia tanpa ada cost komisi agen sama dengan biasanya. Pemasaran property juga dikerjakan lewat cara pandai, cepat dan mudah. 

Tidak ada komentar