Breaking News

Cara Mencegah Mulut Kering Saat Puasa


alam masalah yang lebih kronis, mulut kering dapat sampai membuat bibir kering serta pecah-pecah. Alih-alih tampilkan bibir yang sehat, situasi mulut kering malah akan membuat bibir terlihat pucat. Agar bertambah nyaman waktu melakukan puasa, drg. Yudha menjelaskan cara-cara tepat untuk menahan mulut kering, yaitu: 

1. Teratur berkumur 

Anda dapat teratur berkumur waktu akan melaksanakan ibadah. Otomatis, langkah berikut bisa meningkatkan tingkat pH pada mulut. Berarti, derajat pH yang sebelumnya asam dapat menjadi lebih netral karena berkumur. 

Tidak cuma itu. Saat menjalankan kegiatan saat berpuasa juga, Anda bisa berkumur dengan air bersih untuk turunkan derajat keasaman pH di mulut. 

2. Rajin menggosok gigi 

Walau tengah berpuasa, janganlah lupa untuk masih mengawasi kebersihan gigi serta mulut untuk menahan mulut kering. Satu diantara langkah gampangnya, yaitu dengan rajin menggosok gigi sehari-hari. Contohnya selesai sahur atau waktu mandi pada pagi hari, serta pada malam hari sebelum tidur. 

3. Mengatur konsumsi minuman dan makanan waktu berbuka 

“Lalu, upayakan minum dan makan seperlunya, serta kurangi mengkonsumsi minuman dan makanan manis saat berbuka puasa,” pendapat drg. Yudha. Karena menurut dia, minuman dan makanan manis yang notabene memiliki kandungan banyak gula, malah akan makin tingkatkan kandungan asam pada mulut. 

Menjadi alternatifnya, Anda disarankan untuk perbanyak konsumsi sumber serat waktu baru berbuka puasa. “Sifat serat tersebut pada intinya dapat bersihkan permukaan mulut, sekaligus juga gampang dibikin bersih daripada sumber pemanis atau gula. Jadi sebetulnya, puasa bukan kendala buat kita untuk masih dapat mengawasi kebersihan gigi serta mulut,” tutup drg. Yudha. 

Oleh karenanya, alangkah lebih baiknya untuk memperbanyak berkumur sesudah konsumsi minuman dan makanan manis, menjadi langkah menahan mulut kering. Yakinkan pun, Anda tidak lupa untuk menggosok gigi sebelum tidur untuk menahan berlangsungnya rusaknya pada gigi serta gusi.

Tidak ada komentar