Breaking News

Tips Cegah Korosi di Mobil


Mencuci mobil ialah salah satu teknik paling gampang dan ampuh guna merawat mobil supaya selalu tampak bersih pun segar.

Meski begitu, ada sejumlah hal yang mesti diacuhkan saat membasuh mobil. Salah-salah bukannya meningkat kinclong, mobil malah dapat jadi berjamur atau bahkan korosi. 

Berdasarkan keterangan dari CEO sekaligus pendiri XTO Car Care, Christopher Sebastian, bila hendak memandikan mobil usahakan pemilik menyimak dengan cermat sabun ataupun sampo yang digunakan.

"Oke barangkali mobil jarang dipakai, namun tetap dapat keluar jamurnya. Itu biasa sebab samponya punya pH (derajat keasaman) tinggi," jelas lelaki yang pun adalah pakar auto detailing.

Christoper lantas menerangkan bila sampo yang disarankan untuk membasuh mobil usahakan punya nilai pH tidak lebih dari 12.

"Itu udah maksimal banget 12, bila yang di anda (XTO Indonesia) tersebut pakainya yang pH 7, karena tersebut netral (tidak terlampau asam ataupun basa)," tambah dia lagi.

Mencuci mobil melulu dengan air saja alias sekadar dibilas pun sebenarnya tidak menjadi masalah, dengan daftar tidak guna jangka masa-masa yang terlampau lama. Hal ini disebabkan mobil yang jadi kendaraan operasional harian pastinya berhadapan dengan udara di jalanan raya yang seringkali sudah berisi minyak. Minyak ini tidak dapat dibersihkan melulu dengan air.

Selain tersebut Christopher pun menjelaskan bila pemilihan air untuk membasuh mobil pun perlu diacuhkan karena bakal memberi pengaruh.

"Kita sih anjurannya air PDAM (air minum), sebab air keran tersebut kan kadar besinya lumayan tinggi ya, dia dapat menimbulkan korosi," tuturnya.

Periode mencuci

Oke, jadi membasuh mobil tidak dapat dilakukan dengan sembarang sampo dan disranakan memakai air dengan kualitas baik. Lalu pertanyaan berikutnya seberapa sering membasuh mobil mesti dilakukan.

Christopher menjelaskan bila pada dasarnya urusan tersebut disesuaikan dengan pemakaian dan penyimpanan, dalam artian apakah mobil tidak sedikit terkena polusi udara di siang hari, dan apakah mobil diparkir di dalam atau di luar rumah.

Namun untuk mengawal mobil tampak segar dan tidak jarang kali bersih dia punya saran.

"Cuci dengan operasional normal tersebut dua hari sekali, tanpa sampo, jadi cuci bilas saja. Kemudian seminggu sekali kita pakai sampo dan perawatan. Jadi ibaratnya orang ke salon lah guna perawatan," jelasnya menyerahkan analogi.

Tidak ada komentar