Breaking News

Hal Parenting Ini Bisa Melukai Harga Diri Si Kecil


Sering kali orang tua tidak sadar sudah melukai harga diri si kecil. Orang tua ingin yang terbaik untuk buah hati. Melakukan semuanya sesuai kehendak sendiri. Tetapi tanpa sadar hal itu malah membuat sakit hati si kecil. Akibatnya mempengaruhi tumbuh kembang anak. Pola parenting yang terlalu over, malah membuat tumbuh kembang anak terganggu. Inilah hal yang bisa melukai harga diri si kecil.

Suka Memberikan Label Pada Anak      

Suka melabeli anak bukanlah hal yang benar. Misalnya menyebut anak si bodoh, si hitam, si tukang tidur dan lainya. Kata-kata sarkasme ini bisa melukai hati anak. Dia merasa bahwa dirinya memang seperti itu dan tidak berguna. Jika anak melakukan kesalahan, yang harus disalahkan adalah perilakukanya bukan anak anda. Tetapi sayangnya banyak orang tua yang suka memberikan label pada anak. Mereka akan mengucapkan anak nakal atau anak bandel. Jika anak-anak melakukan kesalahan.

Sering Memuji

Memberikan pujian pada anak atas hal yang dia lakukan memang baik. tetapi terlalu sering memuji anak tidak baik. anak yang terlalu sering dipuji, akan membuat dirinya tidak mau berusaha dan menjadi sombong. Biarkan anak menyelesaikan masalahnya sendiri. Bila itu bukanlah hal besar, tidak perlu memujinya. Gunakan kata pujian lain, yang bisa memotivasi anak menjadi lebih baik lagi.

Selalu Membantu Hal Yang Dilakukan Anak

Kesalahan parenting ini sering dilakukan oleh orang tua. Bahkan sampai anaknya dewasa. Orang tua selalu membantu hal yang bisa dikerjakan anak sendiri. Jika anak bisa melakukan semuanya sendiri, orang tua tidak perlu membantu. Biarkan mereka menyelesaikan tugasnya sendiri. Bila anak mengalami kesulitan,barulah anda membantunya. misalnya biarkan anak memasukan baju kotor di keranjang baju, membersihkan mainannya sendiri, makan sendiri dan lainnya.

Marah Jika Anak Melakukan Kesalahan

Jangan mudah marah, bila anak melakukan kesalahan atau gagal melakukan sesuatu. Apalagi anda sampai menerakinya, ini akan membuat harga dirinya terluka. Cobalah untuk memberikan penjelasan dengan baik. nasehati anak dengan kata yang tepat. Anda bisa memberikan hukuman, bila sikapnya sudah keterlaluan. Selain itu jangan membentaknya di depan orang lain, dia akan merasa semakin terkuncilkan dan kurang percaya diri.

Jarang Menghabiskan Waktu Bersama

Jarang menghabiskan waktu bersama, akan membuat anak merasa tidak disayangi.cobalah untuk mengajak anak anda bermain bersama. Misalnya jalan kaki di sekitar rumah, memasak bersama, mandi bersama dan lainnya. Ini akan membuat kedekatan anak dengan anda semakin terjalin dengan baik.

Selain itu jangan sering membandingkan anak dengan anak orang lain. Ini akan membuat anak tumbuh kurang percaya diri dan minder. Dia akan merasa dirinya tidak berharga sama sekali. Mulai sekarang cobalah hindari gaya parenting seperti diatas.

Tidak ada komentar