Breaking News

Beli Motor Baru atau Bekas? Daripada Galau Memilih, Simak Pertimbangannya Berikut ini

Beli-Motor-Baru-atau-Bekas-Daripada-Galau-Memilih-Simak-Pertimbangannya-Berikut-ini

Beli motor baru atau beli motor bekas? Sebagian orang tentu lebih memilih beli motor baru karena alasan kualitas dan tentu saja gengsi. Apalagi setelah melihat berita motor yang menampilkan motor keluaran terbaru dari pabrikan ternama. Sebagian yang lain lebih memilih beli motor bekas karena alasan lebih hemat. 

Pertimbangan Membeli Motor Baru atau Bekas 

Buat kamu yang masih bingung, perdebatan membeli motor baru atau bekas ini bisa jadi hal yang sulit untuk diputuskan. Berikut ini ada beberapa pertimbangan yang semoga bisa membantu kamu memutuskan untuk memilih beli motor baru atau motor bekas. 

1. Garansi dan servis gratis 

Garansi merupakan salah satu hal yang tidak dimiliki oleh motor bekas. Motor baru biasanya disertai garansi selama 3 tahun. Kalau terjadi sesuatu dengan motor kamu selama masa garansi, kamu bisa mengajukan klaim untuk itu. Motor bekas yang kamu beli dari dealer motor bekas juga biasanya diberikan garansi. Namun waktu garansinya terbatas. 

Selain itu, kamu juga akan mendapatkan fasilitas berupa servis gratis selama 1 tahun. Motor kamu akan mendapatkan servis gratis dari bengkel resminya dan juga mendapatkan 1 kali ganti oli. 

2. Performa lebih baik 

Karena masih baru keluar dari pabrik, motor baru memiliki performa yang baik. Tarikannya masih halus dan body-nya pun mulus. Motor belum mengalami modifikasi sama sekali karena masih asli keluaran pabrik. 

3. Seri terbaru 

Dalam jangka waktu satu tahun, pabrikan motor bisa mengeluarkan beberapa seri motor terbarunya sekaligus. Berita motor baru dari pabrikan motor ternama tentu mengundang antusias masyarakat untuk berlomba-lomba memilikinya. Kamu punya kesempatan pertama memiliki motor seri terbaru tersebut. Dan tentunya, seri motor terbaru ini tidak bisa kamu dapatkan di dealer motor bekas karena masih sedikit yang memilikinya. 

4. Tidak perlu ganti nama pemilik 

Membeli motor baru juga berarti tidak perlu ganti nama pemilik di STNK dan BPKB motor karena kamu adalah pemilik pertamanya. Kamu tidak perlu pinjam KTP pemilik sebelumnya untuk bisa membayar pajak kendaraan. 

Pertimbangan Membeli Motor Bekas 

1. Harga 

Banyak orang yang lebih memilih membeli motor bekas karena pertimbangan harganya. Dalam waktu kurang dari setahun, harga motor baru yang dijual kembali bisa jatuh sampai dengan setengah harga. Kalau dana yang kamu miliki tidak banyak, membeli motor bekas dengan kondisi yang masih bagus tentu jauh lebih baik daripada memaksakan diri membeli motor baru. 

2. Lebih suka model lama 

Motor merk yang sama keluaran tahun lalu dengan keluaran tahun ini tentu memiliki perbedaan dari sisi tampilannya. Setelah melihat berita motor yang banyak beredar, kamu berpendapat bahwa tampilan seri yang tahun lalu lebih baik daripada tampilan terbarunya. Kalau sudah begini, tentu kamu tidak bisa menemukan motor seri tahun lalu di dealer motor resminya. Kamu harus membelinya di dealer motor bekas. 

3. Motor bekas rasa motor baru 

Pertimbangan yang ketiga adalah kamu bisa mendapatkan motor bekas dengan kualitas motor baru. Tidak sedikit orang yang menjual kembali motornya dengan kondisi yang masih sangat bagus dengan harga miring. Bahkan kilometernya pun masih sedikit. Untuk bisa mendapatkan motor seperti ini, kamu harus teliti. Ajak temanmu yang lebih mengerti soal mesin untuk mengecek kondisi keseluruhannya. 

Nah, itulah pertimbangan memilih motor baru atau motor bekas. Setiap orang tentu memiliki pertimbangan masing-masing. Boleh saja kamu tergiur dengan berita motor yang menampilkan deretan motor keluaran terbaru. Namun kamu juga perlu kembali mempertimbangkan hal lainnya, terutama masalah anggaran keuangan.

Tidak ada komentar