Breaking News

Atur Gaji Rp8 Juta Cukup Buat Liburan dan Investasi


Gaji berapapun sebetulnya bisa diatur baik untuk tujuan liburan maupun investasi. Apalagi dengan gaji Rp8 juta dengan status belum menikah. Tapi, ada saja sih yang tetap mengandalkan pinjaman uang online meskipun dengan gaji yang sudah berkecukupan. 

Angka UMR 2019 di Jakarta adalah Rp3,9 jutaan. Seharusnya gaji Rp8 juta sudah cukup untuk memenuhi berbagai kebutuhan. Mulai dari kebutuhan bulanan, tabungan, cicilan, investasi dan menyisihkan dana darurat. 

Agar uang Rp8 juta tidak habis sia-sia, berikut ini adalah cara atur gaji cukup buat liburan dan investasi: 

Autodebet Tabungan di Rekening Terpisah 

Salah satu kesalahan yang paling banyak dilakukan tanpa sadar adalah menabung dari sisa gajian. Padahal cara seperti ini kurang efektif. Pasalnya, sisa gajian belum tentu persentasenya sesuai dengan target yang diharapkan. 

Jadi, tentukan target dulu berapa uang yang harus terkumpul dalam periode waktu tertentu. Kemudian bikin akun rekening terpisah. Manfaatkan sistem autodebet dari rekening utama ke rekening tabungan sehingga pada saat gajian, penghasilan kamu langsung terpotong secara otomatis. 

Besarnya tabungan menurut beberapa pakar keuangan sekitar 10 persen dari pendapatan. Tapi, jika tidak memiliki utang, bisa juga mengalokasikan 30 persen. Jika gaji kamu Rp8 juta, artinya bisa mengalokasikan Rp800 ribu (10%) atau Rp2,4 juta (30%) per bulan khusus untuk tabungan. 

Jaga Rasio Utang 

Selain cara pandang yang salah soal tabungan, tak sedikit juga yang belum memahami berapa sebenarnya batas ideal untuk berutang. Jika dikalkulasikan, angka proporsional utang tidak boleh melebihi 30 persen dari pendapatan. 

Sebagai contoh, jika gaji kamu Rp8 juta per bulan, setidaknya ada jatah untuk cicilan perbulan yang bisa disisihkan sebesar Rp2,4 juta. Angka tersebut bisa dibagi lagi untuk berbagai kebutuhan. Seperti cicilan kendaraan bermotor, cicilan rumah, atau cicilan lainnya. 

Investasikan di Produk Berbeda 

Ada banyak konsep cara mengatur keuangan. Misalnya jika mengambil pembagian 60/30/10 artinya kebutuhan bulanan 60 persen, utang 30 persen, sisanya untuk tabungan dan investasi 10 persen. 

Sebut saja ada bujet untuk investasi sebesar 5 persen karena sudah dibagi dengan tabungan. Artinya dengan gaji Rp8 juta ada anggaran Rp400 ribu untuk investasi. Dengan dana segitu, saat ini kamu sudah bisa menggunakannya di instrumen investasi yang berbeda seperti saham, reksadana, hingga investasi tradisional seperti menabung emas. 

Tentukan dulu apakah ingin kamu ingin berinvestasi dalam jangka panjang atau jangka pendek. Jika ingin berinvestasi dalam jangka panjang, instrumen yang paling cocok adalah investasi di pasar modal. 

Sebaliknya jika ingin investasi dalam jangka pendek serta mudah dicairkan bisa memilih investasi emas atau deposito jangka pendek. Kamu juga bisa menginvestasikan di beberapa produk yang berbeda secara bersamaan. 

Pastikan Punya Dana Darurat 

Dana darurat umumnya lebih dibutuhkan bagi yang sudah punya tanggungan atau keluarga. Angka ideal dana darurat setidaknya bisa memenuhi kebutuhan pokok selama 6 sampai dengan 12 bulan ke depan. Artinya, dana darurat ini tetap harus dipersiapkan layaknya tabungan. 

Ada opsi preventif yang bisa kamu lakukan. Misalnya dengan mengikuti asuransi tertentu sehingga bisa memperkecil risiko kerugian finansial jika terjadi sesuatu hal. 

Begitu juga dengan layanan pinjaman uang online yang dapat digunakan hanya untuk kepentingan mendesak. 
  1. Pastikan hanya pinjam di lembaga pinjaman uang online tepercaya yang sudah terdaftar di OJK seperti Kredivo. Proses pendaftarannya pun mudah dengan memenuhi beberapa syarat berikut: 
  2. Berusia antara 18 sampai 60 tahun. 
  3. Berdomisili di Jabodetabek, Bandung, Surabaya, Semarang, Palembang, Medan, Bali, Yogyakarta, Solo, Makassar, Malang, Sukabumi, Cirebon. 
  4. Berpenghasilan minimal Rp 3.000.000 per bulan. 
Kredivo memberikan kredit limit hingga Rp30 juta. Artinya jika kebutuhan bulanan Rp5 juta, nominal tersebut setara dengan 6 kali kebutuhan pokok yang bisa digunakan sewaktu-waktu saat darurat. 

Ada dua produk pinjaman uang online yang ditawarkan Kredivo yaitu pinjaman mini dan pinjaman jumbo. Pinjaman mini dapat memenuhi kebutuhan ringan. Misalnya untuk modal usaha berjualan alat tulis atau makanan. Besarnya pinjaman mini antara Rp500 ribu sampai dengan Rp1 juta dengan tenor 30 hari. 

Jika ingin mendapatkan nominal lebih besar, bisa mengajukan pinjaman jumbo minimal Rp1 juta hingga kredit limit yang disetujui oleh Kredivo. Bunga pinjaman hanya 2,95% saja per bulan. Tidak jauh berbeda dengan bunga kredit lembaga konvensional sehingga lebih terjangkau. 

GajiRp8 juta per bulan sebetulnya bisa bernapas lebih lapang karena lebih mudah mengatur pemasukan. Termasuk mengalokasikan dana lebih besar baik untuk investasi maupun target menabung liburan. 

Tidak ada komentar