Breaking News

Bintik Merah Pada Payudara Bisa Jadi Karena Penyakit


Janganlah remehkan jika Anda temukan terdapatnya bintik merah pada payudara. Meskipun tidak semua bintik merah mengisyaratkan situasi yang membahayakan, beberapa macam penyakit pada payudara bisa dimulai dari timbulnya tanda-tanda ini. 

Anda tak perlu langsung cemas. Coba ketahui dahulu apa tanda-tanda yang Anda alami waktu bintik merah itu muncul. Tersebut adalah deretan pemicu umum yang mungkin tengah Anda alami. 

Apa pemicu munculnya bintik merah pada payudara? 

Bintik merah yang muncul pada payudara Anda bisa mengisyaratkan situasi seperti berikut. 

1. Mastitis 

Mastitis ialah peradangan yang berlangsung pada payudara, terutamanya pada wanita yang tengah menyusui. Sebabnya datang dari ASI yang tertahan dalam payudara, lantas infeksi berlangsung pada ruang itu. Payudara yang alami mastitis umumnya tunjukkan sinyal kemerahan, berasa hangat, dan ngilu waktu didesak. 

Tanda-tanda mastitis sering mempunyai keserupaan dengan tanda-tanda kanker payudara. Untuk pastikan situasi kesehatan Anda, kontrol diri Anda ke dokter jika Anda pun alami beberapa gejala ini. 

2. Dermatitis atau eksim puting 

Dermatitis pada puting membuat kulit pada puting payudara serta ruang gelap di sekelilingnya (areola) alami peradangan. Gejalanya ialah muncul bintik merah di payudara dan pergantian struktur kulit jadi kering serta bersisik. Penyakit ini bisa dikarenakan oleh infeksi mikroba, iritasi karena gigitan bayi, atau reaksi alergi pada bahan tersendiri. 

3. Abses payudara 

Wanita dalam waktu menyusui sangat rawan alami infeksi bakteri. Bakteri-bakteri ini bisa masuk lewat puting payudara, lantas menginfeksi jaringan di dalamnya. Bila selalu bersambung, nanah bisa menumpuk di ruang infeksi hingga membuat abses. 

4. Ruam karena penyakit kulit 

Bintik merah pada payudara Anda bisa jadi adalah tanda-tanda dari penyakit kulit yang umum misalnya: 

  • dermatitis atopik (eksim) atau dermatitis seboroik 
  • psoriasis, yakni peradangan akut yang diikuti dengan timbulnya bercak merah bersisik 
  • kandidiasis yang datang dari infeksi jamur 
  • urtikaria (biduran) karena makanan, obat-obatan, cuaca, atau pemicu alergi yang lain 
  • selulitis, yakni masuknya bakteri ke sela kulit hingga mengakibatkan pembengkakan, ngilu, sensasi panas, atau bintik merah pada payudara 
  • kudis 

5. Intertriginosa 

Gesekan terlalu berlebih pada kulit payudara di daerah lipatan bisa membuat payudara jadi lembap serta mengakibatkan intertriginosa. Gejalanya ialah ruam kemerahan atau kecokelatan pada payudara dibarengi pembengkakan, perasaan gatal, serta timbulnya berbau tidak enak.

Tidak ada komentar