Breaking News

Tips Untuk Aman Rumah Ditinggal Saat Mudik


Berlebaran bersama dengan keluarga di kampung halaman tentu jadi peristiwa yang sangat kamu nanti-nantikan. Ritual mudik juga selalu kamu lakoni, sekalinya meniti perjalanan yang jauh, untuk dapat rayakan Hari Raya dengan saudara sekampung. Mudik umumnya bukan sekedar ditempuh pada sebuah atau dua hari, tetapi dapat sampai satu minggu lebih serta berarti kamu serta keluarga akan tinggalkan rumah dalam tempo yang lumayan lama. 

Jumlahnya momen pembobolan serta pencurian rumah kosong pada peristiwa mudik lebaran pasti membuat kamu cemas dengan keamanan rumah yang akan ditinggal dalam periode waktu yang tidak sesaat. Karena itu, kesempatan ini Kania akan share panduan simpel untuk mengawasi rumahmu masih aman waktu ditinggal mudik! 

1. Yakinkan pintu, garasi, serta jendela terkunci dengan rapat. 

Sebelum tinggalkan rumah, yakinkan tiap-tiap pintu sebagai jalan masuk ke di rumah telah terkunci dengan rapat. Diluar itu lihat pun celah-celah yang kira-kira dapat digunakan oleh orang tidak diketahui atau pencuri untuk masuk ke di rumah, seperti jendela, garasi, serta lubang ventilasi. Sebaiknya, pintu serta jendela di rumahmu dipasangi tralis untuk hindari pembobolan yang dapat dikerjakan pencuri. 

2. Membuka dikit gorden serta nyalakan lampu cuma pada ruang yang tampak di luar rumah 

Perihal yang satu ini butuh dikerjakan untuk mengelabui siapa saja yang punya niat jahat serta ingin masuk rumahmu tanpa ada izin. Dengan lampu yang tampak menyala serta gorden yang terbuka, rumah seola-olah tampak terisi oleh penghuninya hingga orang itu akan berfikir lagi untuk membobol rumahmu. 

Bila kamu cemas lampu yang terus-terusan menyala malah beresiko serta dapat menyebabkan rusaknya listrik, pakai lampu yang skema pencahayaannya dapat ditata dengan timer hingga lampu mati dengan automatis pada malam hari. 

3. Matikan semua alat elektronik untuk mengawasi supaya listrik tidak konslet 

Mematikan alat-alat elektronik, seperti tv, AC, serta kulkas, tidak cuma mempunyai tujuan untuk mengirit listrik. Ini dapat juga menahan beberapa hal yang tidak diharapkan berlangsung, seperti listrik yang konslet atau kebakaran yang disebabkan dari rusaknya saluran listrik. Tidak hanya listrik lihat pun alat-alat rumah tangga yang lain, contohnya mencabut selang kompor gas dengan regulatornya atau mematikan stop kontak. 

4. Taruh barang bernilai dalam tempat yang aman serta tersembunyi 

Bila kamu mempunyai perhiasan, sertifikat penting, serta beberapa uang di rumah, kamu butuh menyimpannya pada tempat yang aman serta tersembunyi. Kamu dapat menyimpannya dalam peti uang, namu yakinkan peti uang itu tertanam pada dinding atau almari hingga tidak dapat dibawa lari oleh pencuri. Langkah yang lebih aman ialah menaruh barang bernilai itu pada beberapa tempat yang susah ditebak oleh pencuri, sama dengan peti tersembunyi di tangga ini. 

5. Lapor ke petugas keamanan ditempat untuk mengamati serta mengawasi keamanan rumah 

Keamanan rumah dapat diyakinkan terbangun dengan baik waktu ada orang lainnya yang menolong mengamatinya. Sebelum pergi tinggalkan rumah, semestinya laporkan kepergianmu pada petugas keamanan ditempat serta janganlah lupa beri nomer teleponmu supaya Pak Satpam dapat mengontak waktu perihal darurat berlangsung. Sekalinya tidak ada petugas keamanan di komplek rumahmu, kamu dapat minta pertolongan tetangga yang sangat kamu percayai untuk mengawasi rumahmu. 

6. Supaya makin aman, pasang alat pengaman seperti alarm serta CCTV 

Pilihan lainnya yang dapat dikerjakan dengan mempererat keamanan rumahmu dengan piranti CCTV serta alarm. Pasang CCTV pada pojok serta titik strategis di serta di luar rumah, khususnya pada ruang kamu menaruh beberapa barang bernilai. Praktisnya, dengan tehnologi CCTV canggih kamu dapat memonitor kondidi rumah dari jauh lewat telephone genggam.

Tidak ada komentar