Breaking News

Asam Lambung Kumat, Ini 5 Makanan yang Bisa Kurangi Nyerinya


Salah satu penyakit yang tidak jarang dihubungkan dengan puasa ialah asam lambung. Namun, asam lambung pun sering dikaitkan dengan stres. Padahal tak tidak jarang kali begitu faktanya.

Asam lambung diakibatkan oleh bakteri mempunyai nama Helicobacter pylori. Inilah yang lantas membuat penderita asam lambung tidak jarang diresepkan antiobiotik dan penekan asam oleh dokter.

Melansir Reader's Digest, ternyata ada sejumlah makanan yang dapat menekan bakteri tadi. Beberapa makanan ini menolong menyembuhkan dan menangkal asam lambung:

1. Madu

Madu dapat memerangi bakteri. Rumah sakit dan klinik terkadang mengoleskan madu pada luka bakar dan luka tersingkap lainnya. Tak melulu memerangi bakteri pada kulit, madu juga dapat menaklukkan H. pylori.

Para peneliti dari Selandia Baru sudah menguji madu yang berasal dari bunga Manuka pada bakteri penyebab asam lambung. Mereka mengejar madu tadi mengurangi perkembangbiakkan bakteri.

Rekomendasi dosis: Karena riset terhadap madu ini masih baru, jadi takaran spesifik belum lagi ditentukan. Namun usahakanlah untuk mengonsumsi satu sendok santap madu alami di pagi dan malam hari untukmendinginkan perut Anda.

Karena bakteri H.pylori berkembang biak dalam masa-masa lama, pastikankita tetap mengonsumsi madu sejumlah lama sesudah simtom asam lambung hilang.

2. Sayuran hijau

Brokoli, brussel sprouts, kembang kol, dan kale dapat mencegah naiknya asam lambung. Sayur-sayuran tadi berisi sulforaphane, senyawa yang dapat memerangi H. pylori.

Dalam sebuah studi, pasien yang positif mempunyai bakteri tadi dimintaguna memakan separuh gelas brokoli dua kali sehari sekitar seminggu. Tujuh puluh delapan persen dari pasien tadi lantas dites dan menemukan hasil negatif guna bakteri H. pylori.

Rekomendasi dosis: Walau masih menantikan hasil tentu seberapa tidak sedikit sayuran tadi diperlukan untuk memerangi asam lambung,usahakanlah untuk mengonsumsi satu cawan sayur-sayuran tadi masing-masing harinya.

Tak melulu brokoli dan lainnya menolong melawan asam lambung, namun juga dapat mensumplai vitamin C yang lumayan untuk memenuhi takaran harian. Hal ini pun akan menolong Anda memerangi asam lambung.

3. Kol

Para peneliti menilai, mungkin sebab kol mempunyai asam amino glutamin di dalamnyalah yang menciptakan sayuran ini efektif memerangi asam lambung. Glutamin menolong memperkuat lapisan mucosal di dalam usus, danmenambah aliran darah di perut.

Kedua urusan tadi tidak melulu akan menangkal nyeri asam lambung sekaligus penyakit maag, tapi pun mempercepat sembuhnya rasa nyeri yangtelah ada.

Rekomendasi dosis: Makan dua cawan kol mentah masing-masing hari. Kalau suka, kita juga dapat mengonsumsi jus kol mentah. Minumlah sebotol sehari sekitar tiga minggu guna lambung yang lebih baik.

4. Yogurt dengan bakteri aktif

Makanan laksana yogurt dan kefir mempunyai bakteri baik yang dapat mengalahkan H. pylori, dan dapat membuat nyeri asam lambung dan maag sembuh lebih cepat.

Dalam sebuah studi besar di Swedia, orang-orang yang meminum produk susu fermentasi, laksana yogurt, tiga kali seminggu, lebih kecil kemungkinannya terserang asam lambung.

Rekomendasi dosis: Konsumsi yogurt, kefir, atau produk susu fermentasi lainnya secangkir sehari. Hindari produk yang berisi pemanis buatan, atau yang tidak disertai bakteria aktif.

5. Makanan berserat

Buah-buahan, sayur, atau gandum utuh berisi kadar serat yang tinggi. Serat tak hanya dapat memperlancar pencernaan, namun juga dapat mencegah maag dan asam lambung.

Beberapa riset telah menemukan, orang yang mengonsumsi diet tinggi serat, mempunyai risiko lebih kecil terpapar asam lambung.

Rekomendasi dosis: Panduan kesehatan umum menyarankan, mengonsumsi 25hingga 35 gram serat masing-masing hari guna mendapatkan manfaatnya.

Tidak ada komentar