Breaking News

5 Daftar Makanan Kaya Asam Folat Untuk Ibu Hamil

5-Daftar-Makanan-Kaya-Asam-Folat-Untuk-Ibu-Hamil

Asam folat untuk ibu hamil menjadi hal penting yang wajib diperhatikan. Ibu hamil memang wajib menjaga asupan nutrisi yang masuk ke dalam tubuhnya untuk menjaga kesehatan dari janin dan juga ibu itu sendiri. Asam folat termasuk ke dalam salah satu nutrisi yang paling dibutuhkan ibu hamil. Anda bisa mendapatkannya dari bahan makanan atau suplemen yang memiliki kandungan asam folat. 

Sebenarnya, bukan hanya ibu hamil saja yang membutuhkan nutrisi satu ini, tetapi semua orang juga membutuhkannya. Namun memang ibu hamil, menyusui, dan para pasangan yang sedang dalam proses persiapan kehamilan membutuhkan asam folat lebih tinggi daripada lainnya. 

Jika Anda adalah seorang ibu hamil, perlu menyimak info di bawah ini mengenai beberapa daftar makanan yang memiliki kandungan asam folat yang tinggi dan baik untuk ibu hamil : 

Hati Ayam 

Jenis makanan pertama yang paling direkomendasikan karena mempunyai kandungan asam folat tinggi yaitu hati ayam. Siapa yang tidak suka dengan jenis makanan satu ini? Selain rasanya yang enak, ternyata juga memiliki kandungan nutrisi yang bagus untuk ibu hamil. Kandungan asam folat di dalam 100 gram hati ayam yaitu kurang lebih 1000 mcg. 

Jika Anda mengonsumsi kurang dari 100 gram hati ayam maka sudah bisa memenuhi kebutuhan kandungan asam folat harian pada ibu hamil. 

Hati Sapi 

Selain jenis makanan hati ayam, hati sapi juga termasuk ke dalam daftar makanan yang kaya akan asam folat untuk ibu hamil. Walaupun tidak sebanyak asam folat yang ada pada hati ayam, namun tetap saja hati sapi ini bagus dikonsumsi ibu hamil. Di dalam sajian 100 gram daging sapi terdapat kurang lebih 250 mcg asam folat.
 

Kacang Kedelai 

Para ibu hamil juga sangat disarankan untuk mengonsumsi kacang kedelai. Pasalnya, di dalam 100 gram kacang kedelai yang masih utuh terdapat 210 mcg asam folat. Anda bisa mengonsumsinya secara langsung atau dengan diolah menjadi produk lain seperti susu kedelai, tahu, ataupun tempe. Tentu banyak diantara kita yang sangat menyukai beberapa jenis makanan tersebut. 

Jika Anda mulai merasa bosan dengan kacang kedelai, bisa mengonsumsi jenis kacang lain yang juga mengandung nutrisi asam folat, seperti kacang hijau, kacang merah, kacang tanah, ataupun kacang polong. 

Sayuran hijau 

Seperti yang kita tahu, di dalam sayuran hijau tedapat kandungan nutrisi yang melimpah, salah satunya yaitu asam folat untuk ibu hamil. Jenis sayuran yang mempunyai kandungan asam folat paling tinggi yaitu bayam. 

Sayuran hijau ini mengandung 130 mcg di dalam setiap 100 gram. Selain bayam, jenis sayuran lain yang baik dikonsumsi untuk ibu hamil karena mengandung asam folat adalah brokoli, asparagus, selada, dan juga sawi hijau. 

Ikan Salmon 

Daftar makanan berasam folat tinggi yang terakhir yaitu ikan salmon. Selain asam folat, jenis ikan ini juga mengandung omega 3 yang bagus juga untuk tumbuh kembang janin. Namun perlu diperhatikan cara konsumsi ikan salmon bagi ibu hamil, disarankan dikonsumsi hingga benar-benar matang. Anda juga bisa mengonsumsi jenis ikan lain, misalnya ikan air tawar. 

Demikian beberapa daftar makanan yang kaya akan asam folat untuk ibu hamil. Semoga bisa bermanfaat bagi Anda para ibu hamil yang tentunya perlu untuk menjaga asupan nutrisi agar janin dapat berkembang dengan baik. Selain untuk para ibu hamil, asam folat juga diperlukan untuk para ibu menyusui dan pasangan yang sedang mempersiapkan program kehamilan. 

Tidak ada komentar