Breaking News

Ini Dia Cara Membuat Keripik Kentang yang Enak dan Super Renyah


Keripik kentang adalah camilan favorit banyak orang. Rasanya yang gurih dan teksturnya yang renyah membuat keripik kentang sangat pas dijadikan sebagai camilan sehari-hari. Entah untuk dimakan sebagai camilan saat menonton TV atau camilan saat mengobrol bersama teman dan keluarga. 

Banyak sekali produk camilan keripik kentang yang beredar di pasaran. Di supermarket atau toko-toko terdekat kita bisa menemukan produk keripik kentang yang beredar dengan berbagai varian rasa. Banyak juga yang memilih untuk membuat keripik kentang sendiri di rumah. Anda juga ingin mencoba membuat keripik kentang sendiri? 

Kali ini kita akan membahas bagaimana cara membuat keripik kentang sendiri di rumah. Membuat keripik kentang memang tidak mudah, dibutuhkan trik khusus agar keripik kentang bisa renyah dan enak seperti keripik kentang yang banyak dijual di pasaran. 

Tips Membuat Keripik Kentang 


Inilah dia beberapa tips yang bisa anda praktikkan untuk membuat keripik kentang yang rasanya enak dan teksturnya renyah : 

1. Pilih Kentang Berkualitas 

Hal pertama yang harus dipersiapkan adalah bahan-bahan terbaik untuk menghasilkan keripik kentang yang enak. Pastikan anda menggunakan kentang-kentang yang berkualitas. Ada beberapa ciri kentang berkualitas di antaranya adalah kulitnya mulus dan tidak berlubang. 

2. Potong Tipis 

Ini adalah bagian penting dalam proses pembuatan keripik kentang. Karena akan dibuat keripik maka potongan kentang harus dibuat setipis mungkin. Semakin tipis potongan kentang yang anda buat maka akan semakin renyah keripik yang anda hasilkan nanti. Namun jangan setipis kertas karena bisa membuat kentang hancur ketika digoreng. 

3. Rendam Kentang 

Setelah kentang dipotong tipis-tipis maka anda bisa merendam irisan kentang tersebut di dalam air dingin. Cukup rendam irisan kentang selama 10 menit. Perendaman ini dilakukan agar kanji yang ada di dalam kentang bisa berkurang sehingga setelah digoreng nanti keripik kentang yang anda buat terasa renyah. 

Selain direndam dalam air dingin, irisan kentang juga bsa direndam dalam larutan cuka. Perendaman dalam larutan cuka akan membantu memperkuat cita rasa dan membuat warna kentang menjadi lebih kuning atau lebih cerah. Jika anda tidak merendam kentang sebelum digoreng maka keripik kentang yang dihasilkan akan berwarna gelap. 

4. Cara Menggoreng 

Setelah direndam, maka anda bisa langsung menggoreng kentang. Pastikan irisan kentang benar-benar ditiriskan dan dalam kondisi kering saat akan digoreng. Gunakan minyak yang banyak agar irisan kentang bisa terendam sempurna ketika digoreng. Setelah sudah cukup kering, segera angkat dan tiriskan. 

5. Memanggang Keripik Kentang 

Bagi anda yang tidak ingin menggoreng kentang karena akan ada banyak kandungan minyaknya, maka anda bisa memanggang irisan kentang. Gunakan loyang datar lalu susun irisan kentang di atasnya dan masukkan ke dalam oven dengan suhu 200 derajat celsius. Pemanggangan bisa anda lakukan selama kurang lebih 20 menit. 

Jika anda punya microwave di rumah maka anda bisa menggunakannya untuk mengolah keripik kentang anda. Caranya sama dan waktu yang dibutuhkan jauh lebih singkat hanya sekitar 3 hingga 6 menit. Namun, jika menggunakan microwave anda tidak bisa memasak langsung dalam jumlah yang banyak. 

Itulah tadi beberapa tips membuat keripik kentang renyah dan enak yang bisa anda praktikkan di rumah. Setelah matang, anda bisa menambahkan tambahan bumbu rasa sesuai selera. Simpan keripik kentang anda di dalam toples yang tertutup rapat untuk menjaga kerenyahannya.

Tidak ada komentar