Breaking News

Memiliki Resiko Tinggi Terhadap Penyakit Jantung? Sebaiknya Anda Rutin Konsultasi Ke Dokter Spesialis Jantung dan Pembuluh Darah di Bekasi


Meningkatnya jumlah penderita jantung di dunia sebenarnya bukan tanpa alasan, hal ini disebabkan karena gaya hidup yang tidak sehat. Sehingga membuat organ tubuh paling vital yang satu ini juga terpaksa untuk bekerja keras di dalam memompa darah, sehingga lama kelamaan akan terjadi gangguan atau masalah. Bukan kondisi yang dapat disepelekan, karena nyatanya sebagian banyak diantara penyakit jantung ini membuat penderitanya harus kehilangan nyawa. Jadi dianjurkan untuk rutin dalam mengecek kondisi kesehatan jantung ke dokter spesialis jantung dan pembuluh darah di Bekasi maupun rumah sakit yang lainnya. 

Karena memang pada dasarnya jika sudah mulai dilakukan deteksi atau resiko sedini mungkin, maka nantinya langkah pencegahan juga akan berlangsung secara lebih optimal. Sehingga Anda tidak akan sampai terserang penyakit berbahaya yang satu ini. Berikut ini diantaranya ada beberapa hal yang dapat meningkatkan resiko terkena penyakit jantung, yaitu: 
  1. Hipertensi, tekanan darah tinggi yang terjadi pada seseorang besar kemungkinan akan menyebabkan penyakit jantung, karena memang organ yang satu ini dipaksa untuk bekerja begitu keras dalam memompa darah, sehingga lama kelamaan nantinya akan mengalami kerusakan. 
  2. Kolesterol tinggi, kolesterol tinggi yang ada di dalam darah membuat terjadinya penyempitan pembuluh darah, sehingga nantinya jantung kesulitan memompa darah untuk mengedarkannya ke seluruh bagian tubuh. 
  3. Diabetes, orang-orang dengan kondisi kesehatan seperti gula darah tinggi ini nyatanya juga sangat rentan terkena penyakit jantung, jika seandainya diabetesnya tidak dikontrol dengan baik. 
  4. Obesitas, orang yang mengalami kelebihan berat badan atau kegemukan lebih rentan terkena beragam jenis masalah kesehatan, termasuk diantaranya juga adalah gangguan pada jantung dibandingkan dengan yang berat badannya normal atau ideal. Jadi kontrol berat badan Anda dengan baik. 
  5. Memiliki riwayat penyakit jantung di keluarga, jika seandainya memiliki ayah ataupun ibu yang menderita gangguan jantung, maka patut untuk diwaspadai, karena bisa saja nantinya penyakit tersebut akan menurun kepada anak-anaknya, karena ini termasuk dalam faktor atau resiko genetik. 
  6. Gaya hidup yang tidak sehat, biasanya perokok dan juga orang-orang yang jarang melakukan aktivitas fisik layaknya berolahraga memang akan lebih mudah terserang penyakit jantung, dibandingkan dengan orang-orang yang memiliki gaya hidup sehat. 
  7. Sistem imuns yang lemah, pada beberapa orang yang terinfeksi HIV maupun pemakaian obat-obatan tertentu yang bisa melemahkan sistem kekebalan tubuh, maka nantinya mereka juga akan lebih mudah terserang gangguan jantung. 
Kebanyakan di Indonesia sendiri penyakit jantung dipicu oleh gaya hidup yang tidak sehat. Berikut ini diantaranya jenis gangguan jantung yang disebabkan oleh gaya hidup tidak sehat yang harus Anda waspadai, yaitu: 
  1. Jantung koroner, penyakit yang satu ini terjadi karena pembuluh darah mengalami penyempitan, karena terjadi pembekuan darah di dalam arteri maupun disebabkan oleh penumpukan kolesterol. Sehingga membuat aliran darah menuju jantung tidak normal dan menurunkan fungsinya. 
  2. Serangan jantung, kondisi yang satu ini terjadi secara mendadak, karena memang sel-sel jantung mengalami kerusakan akibat gaya hidup yang tidak sehat. Kerusakan permanen ini disertai dengan beberapa gejala layaknya sesak napas, nyeri dada sampai dengan keringat dingin. 
  3. Gagal jantung, masalah yang bisa saja terjadi pada siapa saja, apalagi yang sebelumnya memiliki riwayat penyakit layaknya hipertensi, diabetes dan juga penyakit jantung koroner. Ini bisa menyebabkan komplikasi serius. 
Segera lakukan check up dan konsultasi ke dokter spesialis jantung dan pembuluh darah di Bekasi. 

Tidak ada komentar