Breaking News

Tips Merawat Tanaman Hias Agar Tak Mudah Layu

Tips-Merawat-Tanaman-Hias-Agar-Tak-Mudah-Layu

Kota Malang merupakan kota yang asri dan sejuk sehingga cocok untuk lokasi perkebunan bunga. Tak aneh jika di kota ini ada banyak toko bunga Malang yang buka untuk menjual berbagai jenis tanaman hias baik bunga maupun tanaman daun. Meski sejuk dan asri, namun tanpa perawatan yang benar, tanamanpun bisa mudah layu sehingga pemiliknya perlu terlebih dahulu belajar cara merawat tanaman sebelum membeli bibitnya. Bagi Anda yang memiliki halaman yang masih kosong namun takut jika menanam bunga atau tanaman hias akan cepat layu, berikut ini adalah tips bagaimana merawat tanaman hias agar segar dan tahan lama: 

1. Perhatikan media tanam. 

Sebelum menanam tanaman apapun, perhatikan media tanam yang dibutuhkan. Masing-masing tanaman memerlukan jenis media tanam yang berbeda sesuai dengan jenisnya. Kenali jenis tanaman yang akan Anda tanam dan sediakan media tanam yang sesuai untuk perkembangannya. Sebagai contoh, tanaman bunga mawar memerlukan tanah yang subur dan gembur, sedangkan tanaman kaktus membutuhkan tanah yang dicampur dengan pasir sehingga air tidak mudah menggenang. 

2. Tehnik penyiraman. 

Air merupakan zat yang sangat dibutuhkan oleh tanaman sama seperti manusia. sayangnya tanaman memiliki kemampuan terbatas untuk mendapatkan air apalagi tanaman yang berada di dalam pot. Karena itu jangan lupa untuk menyiram tanaman Anda dengan cara yang benar sesuai dengan jenis tanaman tersebut. Beberapa jenis tanaman memerlukan penyiraman langsung di bagian akar atau tanah sedangkan jenis tanaman lainnya memerlukan penyemprotan di bagian daun dan batang. Sesuaikan tehnik penyiraman dengan jenis tanaman agar tanaman tak mudah membusuk dan layu. 

3. Sinar matahari. 

Tanaman hijau membutuhkan sinar matahari untuk melakukan fotosintesis. Karena itu perhatikan letak tanaman agar mendapatkan sinar matahari yang cukup. Akan tetapi perlu diperhatikan bahwa sebagian besar tanaman akan layu jika terkena sinar matahari langsung yang sangat tajam. Karena itu Anda memerlukan hambatan sinar seperti paranet untuk mengurangi ketajaman sinar matahari sehingga bunga dan tanaman daun tak mudah layu. Atur posisi tanaman agar sinar matahari bisa mengenai semua bagian daunnya. 

4. Suhu dan kelembaban. 

Faktor suhu dan kelembaban ini juga sangat mempengaruhi daya tahan tanaman. Jika Anda tinggal di kota Malang maka akan sangat beruntung karena banyak jenis tanaman yang bisa Anda tanam. Namun jika tinggal di kota yang lebih panas, Anda perlu mencari tahu di toko bunga Malang, jenis bunga atau tanaman hias apa yang tahan di suhu tinggi. Atur juga kelembaban tanah untuk media tanamnya agar tidak terlalu kering atau terlalu lembab. 

5. Pupuk. 

Seperti manusia yang memerlukan vitamin dan nutrisi, tanaman juga memerlukan pupuk. Sebisa mungkin gunakan pupuk alami dan hindari pupuk kimia agar tanaman lebih sehat dan segar. Pilih pupuk yang tepat dan berikan dengan frekuensi yang benar sehingga nutrisi selalu tersedia untuk tanaman kesayangan Anda. 

Semua itu bisa Anda pelajari dengan praktek menanam dan merawat aneka bunga. Jangan takut untuk bereksperimen asalkan masih sesuai dengan cara perawatan yang dianjurkan. Untuk pemilihan jenis bunga atau tanaman hias yang unik dan cantik, Anda bisa mendapatkannya di toko bunga Malang atau bisa membeli secara online jika ada bibit bunga yang disukai dari daerah lainnya. Selain cara perawatan di atas, Anda juga bisa mempelajari mengenai hama dan penyakit untuk melakukan antisipasinya dengan lebih dini. 

Tidak ada komentar