Breaking News

Infeksi Kulit yang Rawan Berlangsung Dalam Tempat gym


Pusat kesehatan memang jadi tempat favorite buat praktisi berolahraga indoor. Tetapi, tempat ini adalah surga buat mikroba untuk berkembang biak. Itu berarti, kesempatan Anda untuk terkena dengan bermacam type mikroba akan makin besar, khususnya pada kulit. 

Sesudah Anda olahraga, badan Anda akan berkeringat. Ini membuat situasi kulit jadi kotor serta lembap hingga bakteri gampang melekat serta jamur makin santer berkembang. 

Satu studi tahun 2014 yang diedarkan pada International Journal of Environmental Research serta Public Health temukan 25 type bakteri yang tumbuh aktif dalam tempat gym. Tidak hanya bakteri, jamur diketemukan tumbuh begitu baik dalam tempat ini. Kedua-duanya diketemukan pada permukaan perlengkapan berolahraga, kursi, ruangan ubah, serta toilet. 

Beberapa infeksi kulit yang begitu rawan berlangsung di pusat kesehatan, diantaranya: 

1. Kadas (kurap) 

Kadas (kurap) atau diketahui dengan ringworm ialah infeksi jamur tinea yang berkembang di susunan kulit paling luar. Penyakit kulit ini berlangsung di beberapa anggota badan Anda, tetapi begitu umum menyerang telapak kaki serta kulit kepala. 

Jamur ini melekat di perlengkapan berolahraga, lantai, serta kursi hingga bisa melekat di kulit Anda dengan gampang. Paparan jamur dapat juga berlangsung karena kontak antarkulit dengan orang yang terinfeksi. 

Sesudah tertular, umumnya jamur akan mengakibatkan ruang kulit jadi bersisik, kemerahan, serta gatal. Bila dilihat lebih cermat, sisi luar kulit yang terinfeksi akan membuat garis yang membuat cincin. Tanda-tanda kurap memang mengganggu, untungnya ini dapat ditangani dengan obat antijamur tanpa ada resep yang gampang diketemukan di apotek atau toko obat. 

2. Folikulitis 

Folikulitis ialah infeksi yang berlangsung di folikel (pori-pori kulit). Walau seringkali dikarenakan oleh bakteri, penyakit ini dapat juga dikarenakan oleh jamur atau aliran keringat yang terhalang. Awalannya, akan ada tonjolan merah memiliki ukuran kecil seperti jerawat di seputar folikel. 

Tonjolan kecil itu sangat terasa gatal serta terkadang ngilu. Bila Anda menggaruknya, lenting dapat pecah serta cairannya akan menebar serta memunculkan lenting baru hingga banyaknya akan makin banyak. 

Waktu Anda olahraga, kulit akan akan bergesekan dengan kulit yang lain atau mungkin dengan baju berolahraga yang ketat. Ini bisa mengakibatkan kerusakan folikel hingga memunculkan luka terbuka. Dalam tempat gym, bakteri serta jamur akan melekat gampang pada kulit hingga dapat masuk ke folikel yang rusak serta mengakibatkan infeksi. 

Sebelum menebar ke ruang kulit yang lain, Anda dapat memakai obat tanpa ada resep yang di jual di apotek, yakni benzoil peroksida. Kandungan obat bisa menolong turunkan kandungan bakteri pada kulit hingga infeksi semakin banyak bisa dihindari. 

3. Kutu air 

Penyakit yang mempunyai nama bagus athlete’s foot ini adalah infeksi jamur yang tumbuh subur di kaki. Kutu air membuat celah jari kaki memerah, bersisik, serta sangat terasa gatal. Semakin lama, kulit bisa terkelupas serta beralih berwarna keputihan. 

Penyakit ini menyerang Anda, waktu lantai, ruang kolam, atau tikar yang berada di pusat kesehatan terkontaminasi jamur. Situasi kaki yang basah serta paparan jamur akan membuat jamur makin aktif berkembang biak serta mengakibatkan infeksi. 

Agar gejalanya tidak mengganggu kegiatan, Anda dapat memakai cream econazole, ketoconazole, atau miconazole pada ruang kulit yang terinfeksi. 

4. Jamur kuku 

Tidak hanya mengakibatkan kutu air, type jamur yang sama dapat juga mengakibatkan infeksi jamur kuku. Bila telah terinfeksi, kuku Anda yang awalannya cantik jadi menjadi kuning, menebal, serta gampang ringkih. Penyakit ini seringkali berlangsung pada kuku kaki, tetapi juga bisa menyerang kuku tangan Anda. 

Sama seperti dengan kutu air, Anda dapat memperoleh infeksi kulit ini karena tidak memakai alas kaki yang bersih. Jamur yang berada di ruangan ubah, kamar mandi, serta kolam renang pasti bisa dengan gampang melekat di kaki serta tumbuh subur memunculkan infeksi. 

Bila Anda mempunyai kutu air, resiko terserang jamur akan makin bertambah. Ditambah lagi, bila Anda meremehkan serta tidak menyembuhkan kutu air. Untuk menahan infeksi jamur kuku sekaligus juga kutu air, Anda dapat memakai obat antijamur topikal (cream serta salep) atau obat antijamur yang butuh diminum dengan teratur. 

5. Panu 

Penyakit yang mempunyai arti medis tinea versicolor ini ini mengakibatkan kerusakan tampilan kulit Anda. Umumnya, masalah pada kulit ini ini memunculkan bercak merah keputihan berupa oval serta bersisik. Panu bisa berlangsung dibagian manakah juga pada badan, dari mulai leher, dada, punggung, sampai muka. 

Terdapatnya panu pada kulit dikarenakan perkembangan jamur yang tidak teratasi pada kulit. Sesudah berolahraga dalam tempat gym, badan akan berkeringat serta kotor. Kulit yang kotor ditambah lagi lingkungan pusat kesehatan yang lembap makin merangsang perkembangan jamur. 

Agar terlepas dari panu, Anda dapat memakai obat antijamur seperti selenium sulfida. Kandungan obat itu cukuplah ampuh menyembuhkan panu. Akan tetapi butuh waktu lama, beberapa minggu bahkan juga beberapa bulan untuk pulih. 

Sesudah perawatan sukses, sisa panu akan tinggalkan sinyal gelap atau keputihan di kulit. Sepanjang proses pengobatan, semestinya jauhi paparan cahaya matahari terlalu berlebih.

Tidak ada komentar