Breaking News

Atasi Retak Pada Atap Dengan Cat Anti Bocor


Atap yang rembes atau bocor adalah penyakit rumah yang sering kambuh pada musim hujan. Panas matahari yang langsung menimpa atap selama musim kemarau membuat atap rawan rusak waktu tergerus air hujan. Lubang atau retakan pada atap mesti selekasnya ditambal dengan pelapis yang tahan akan masalah cuaca, yakni cat pelapis anti bocor. 

Bila kebocoran dilewatkan, jadi rusaknya yang berlangsung di rumah cuma bertambah kronis. Serapan air yang masuk dengan gampang tingkatkan kelembaban ruang hingga mengakibatkan dinding cepat rusak serta berjamur. Situasi seperti ini pula akan membahayakan kesehatan yang tinggal di rumah. 

Cat anti bocor atau waterproofing yang terbuat dari kombinasi lateks, minyak, serta concrete base dapat menepis air yang tembus permukaan atap. Sebelum mulai mengimplementasikan cat anti bocor pada atap yang retak, sebaiknya untuk tahu lebih jauh type cat anti bocor seperti apa yang pas untuk hunianmu. 

1. Type Cat Anti Bocor 

Ada tiga type cat anti bocor yang bisa kamu dapatkan di market. Pertama ialah cat anti bocor dengan coating yang terbuat dari styrin acrylic. Cat anti bocor ini mempunyai ketahanan yang lebih kuat dibanding cat anti bocor yang lain, tetapi harga nya pun dibanderol cukuplah tinggi. 

Cat anti bocor cementius tersusun dari dua elemen yakni semen serta penambahan zat adiktif yang berperan untuk mengikat beton. Berdasar pada kemampuan pada paparan cahaya matahari, cat anti bocor ini dibagi ke dua type, yakni cat anti bocor cementius 1 serta 2. 

Waktu mengimplementasikan cat anti bocor cementius, lakukan pelapisan lebih dari 1x supaya membuahkan daya rekat yang tambah tinggi. Pelapisan ke-2 bisa dikerjakan dengan menyilang atau berlainan arah sapuan. 

Type cat anti bocor yang ke-3 ialah cat anti bocor membrane yang memiliki bahan baku minyak semacam aspal yang biasa dipakai untuk atap dak beton. 

2. Pilih Cat Anti Bocor 

Cocokkan pilihan cat anti bocor dengan ciri-ciri design atap serta bangunan rumahmu. Jika mempunyai atap berupa datar yang terbuat dari 1 elemen saja, upayakan tidak untuk memakai cat anti bocor berusia cepat yang tidak tahan dengan paparan cahaya ultraviolet. Tidak adanya ruangan penghalang panas diantara plafon serta atap membuat kemungkinan kebocoran pada atap dak beton tambah tinggi dibanding type atap rumah yang lain. 

Unsur kebersihan pasti butuh jadi bahan pertimbangan. Pilih cat anti bocor yang mempunyai formula yang tahan debu, bakteri, serta jamur hingga gampang dibikin bersih serta tidak mengakibatkan pelapukan pada atap. 

3. Langkah Menangani Retak pada Atap dengan Cat Anti Bocor 

Kerjakan pembersihan di bagian atap yang bocor sebelum mulai lakukan penambalan. Ini dikerjakan untuk menghilangkan debu serta jamur yang bisa kurangi daya rekat cat anti bocor. 

Kekeliruan yang umum dikerjakan dalam mengimplementasikan cat anti bocor ialah meleburkan cat anti bocor dengan jumlahnya air yang kebanyakan. Pada cat anti bocor yang terbagi dalam satu elemen saja, pelarutan ini bisa menyebabkan penyusutan di bagian atap sesudahnya. Begitu juga waktu diaplikasikan pada cat anti bocor yang terbagi dalam dua bahan baku, ke-2 zat tidak bisa kerja dengan optimal. 

Berapa banyak aplikasi cat anti bocor tergantung pada besar keretakan atap. Jika rusaknya lumayan besar, keretakan bukan sekedar mesti ditutup memakai cat anti bocor, tetapi pun butuh berisi semen perekat serta paling akhir dilapis zat additive bonding agent. Bahan kimia ini bisa dengan gampang diketemukan di beberapa toko bangunan serta supermarket. 

Menambahkan adukan semen berkapasitas rekat tinggi pun dibutuhkan lepas dari besar atau kecilnya retakan atap. Penting untuk membobok retakan atap terlebih dulu supaya penambalan dengan cat anti bocor tampak lebih rapi. Sesudah penambalan pada atap usai dikerjakan, coba aplikasikan tes rendam pada permukaan atap serta lihat seperti apa akhirnya. 

Tidak hanya pas dipakai untuk tutup kebocoran atap, cat anti bocor dapat juga dipakai untuk menangani keretakan pada dinding semen, serat fiber, seng galvanis, triplek, serta papan kayu. Walau cat anti bocor bisa mengawasi rumah dari kebocoran sampai sepuluh tahun, perawatan butuh dikerjakan dengan meningkatkan susunan pelindung atau plester pada permukaan atap. Upayakan supaya cat anti bocor tetap siap sedia untuk meminimalkan rusaknya yang mungkin berlangsung jika atap kembali rembes.

Tidak ada komentar