Breaking News

Bahan Alami Ini Bisa Membantu Menghilangkan Bekas Luka Bakar

Tahukah Anda mengapa setelah merasakan luka bakar bakal timbul bekas lukanya? Area kulit yang rusak dampak luka bakar bakal memproduksi protein yang dinamakan kolagen. Kolagen diproduksi untuk membetulkan area kulit yang bobrok tersebut. Nah, saat membetulkan dirinya sendiri, kulit bakal menebal dan bakal berubah warnanya dari warna asalnya. Inilah yang kita lihat sebagai bekas luka bakar. Lalu bagaimana teknik menghilangkan bekas luka bakar di kulit? Simak ulasannya.

Tingkat keparahan luka bakar

Untuk memahami bagaimana teknik menghilangkan luka bakar, Anda mesti memahami dahulu seberapa parah luka bakar yang kita alami. Tidak seluruh luka bakar dapat diobati sendiri memakai bahan alami, dan tidak seluruh luka bakar bisa dihilangkan. Pada sejumlah kasus yang parah, luka bakar tidak dapat sembuh.

Jenis luka bakar dipecah jadi tiga, tergantung pada tingkat keparahannya. Lebih jelasnya, simak informasi berikut.

Tingkat kesatu

Ciri-ciri luka bakar tingkat kesatu atau ringan ialah umumnya kerusakan melulu timbul di permukaan kulit atas, warna kulit memerah, dan kulit terasa nyeri ringan. Beberapa orang dengan luka bakar tingkat ini tidak membekas luka bakar setelah dilaksanakan penanganan dengan tepat, atau melulu meninggalkan tidak banyak bekas luka ringan. Biasanya pengobatan luka bakar tingkat kesatu dalam masa-masa 6 hari tanpa membekas luka.

Tingkat kedua

Luka bakar tingkat kedua bakal menimbulkan kehancuran pada permukaan kulit unsur atas sampai masuk ke unsur kulit lebih dalam, yaitu ke unsur dermis kulit. Warna kulit bakal memerah, hadir lepuhan, dan kulit terasa nyeri.

Pada tingkat ini seringkali bekas luka bakar akan terbelakang pada kulit. Namun, keparahan bekas luka yang tertinggal pun tergantung pada penanganan bekas lukanya sejak mula diobati. Penyembuhan luka bakar tingkat kedua dalam masa-masa 2-3 minggu mungkin membekas luka.

Tingkat ketiga

Luka bakar tingkat tiga merupakan situasi paling parah yang mesti segera diobati oleh tenaga medis, tidak dapat diobati sendiri di rumah. Pada luka bakar tingkat ini terjadi kehancuran kulit dari unsur permukaan sampai kerusakan tembus ke unsur tulang dan tendon.

Warna kulit juga pulang menjadi putih atau hitam sebab hangus. Bagian kulit yang luka menjadi baal (mati rasa) sebab luka bakar tentang saraf kulit. Luka bakar tingkat ketiga ini seringkali meninggalkan bekas luka bakar yang mempunyai sifat permanen.

Lalu bagaimana teknik menghilangkan bekas luka bakar?

Menghilangkan bekas luka bakar dibuka dari penanganan etape awal
Seberapa ampuh Anda dapat menghilangkan bekas luka bakar paling tergantung pada penyembuhan luka bakar yang dilaksanakan sejak awal. Penanganan yang tepat dan cepat akan mengurangi bekas luka bakar yang tertinggal. Caranya:

  • Pertama kali kena luka bakar (tingkat kesatu atau kedua), basuh luka bakar dengan air bersih yang mengalir sekitar sekitar 10 menit. Kemudian segera rendam dengan air yang sejuk sekitar 5-10 menit.
  • Gunakan salep antibiotik ke wilayah yang terluka. Bagi luka bakar tingkat kedua, usahakan konsultasikan ke dokter setelah mengerjakan pertolongan kesatu di rumah.
  • Gunakan perban kasa steril yang tidak lengket untuk mengayomi kulit yang terbakar supaya tidak infeksi.
  • Sembari mengobati, konsumsi makanan tinggi antioksidan dan protein, serta minum tidak sedikit air putih.

Menghilangkan bekas luka bakar dengan bahan alami

Selain memakai salep atau obat yang kita beli di apotek, Anda dapat memadukan bahan alami untuk menolong menghilangkan bekas luka bakar. Ada sejumlah bahan alami di dekat Anda yang dapat menolong menghilangkan luka bakar. Namun, pastikan kita sudah mengerjakan langkah-langkah bantuan kesatu di atas sebelum menghilangkan bekas luka bakar dengan tiga bahan alami inilah ini.

1. Madu

Madu memiiki sifat antiradang dan antibakteri. Beberapa riset telah memperlihatkan bahwa mengoleskan madu pada luka dapat membantu menyembuhkan dan mencuci area yang terluka, meminimalisir rasa sakit, dan menyamarkan bekas luka. Beberapa riset bahkan mengindikasikan bahwa madu dapat menyembuhkan luka bakar lebih cepat dikomparasikan krim antibiotik tradisional dan kain kasa.

2. Lidah buaya

Dilansir dari Medical Daily, lidah buaya telah dipakai untuk penyembuhan medis sekitar ribuan tahun. Lidah buaya pun dikenal sebagai tumbuhan yang dapat dipakai untuk mempercepat proses pengobatan luka bakar dari gel di dalamnya. Gel atau getah dalam lidah buaya pun dapat menghilangkan rasa sakit, bengkak, dan menolong mempercepat proses pengobatan secara keseluruhan dampak luka bakar.

3. Minyak lavender

Minyak yang mempunyai sifat antibakteri ini ternyata pun memiiliki efek pengobatan pada luka bakar. Dua hingga tiga tetes minyak lavender pada luka bakar tidak saja mengurangi rasa sakit tetapi pun meminimalkan jaringan parut yang terbentuk. Pada sejumlah orang, hadir efek laksana terbakar saat memakai minyak ini, namun lama kelamaan bakal berkurang efek yang dialami beserta bekas luka bakarnya.

Jangan langsung meneteskan minyak ini ke kulit yang terbakar. Campurkan dulu 1-2 tetes minyak ini dengan minyak lain laksana minyak zaitun atau baby oil. 

Meskipun minyak lavender dapat membantu proses pengobatan luka bakar, hati-hatilah terhadap masa-masa pemakaiannya karena minyak ini menyerahkan efek mendinginkan untuk menciptakan orang gampang tertidur.

Tidak ada komentar