Breaking News

Merawat AC Hemat Listrik Supaya Tahan Lama

Tidak dipungkiri, penggunaan ac hemat kini makin marak. Banyak kalangan yang tinggal di perkotaan membutuhkan produk ac untuk mengatasi keluhan cuaca yang kian panas. Namun, banyak pertimbangan bagi mereka yang ingin mencari ac hemat energi. Selain harganya mahal, kebutuhan pemakaian ac tentu akan banyak menguras energi. Akibatnya biaya tagihan listrik yang kian melonjak. Namun, saat ini sudah banyak ditemui produk-produk ac yang hemat energi dengan harga lebih murah. 

Tentunya dengan produk ac murah dan hemat listrik banyak menjadi incaran para pengguna untuk mendapatkannya. Satu hal yang penting juga, ketika memilih produk ac hemat listrik, pastikan jangan hanya mengetahui cara penggunaannya saja. Para pengguna juga perlu mengetahui bagaimana perawatan dari ac tersebut, supaya ac tahan lama dan optimal melakukan kinerjanya supaya tetap menghemat energi. Di bawah ini ada hal-hal yang perlu anda ketahui untuk melakukan perawatan ac supaya tetap hemat dan tahan lama. 

Menjauhkan dari paparan sinar matahari 


Salah satu cara perawatan supaya ac tetap hemat dan tahan lama adalah menjauhkannya dari paparan matahari langsung. Perhatikan lokasi pemasangan ac murah hemat listrik yang anda beli. Berapapun kapasitas ac yang anda miliki, tentunya anda harus perhatikan letak di mana ac itu dipasang. Pastikan bahwa lokasi ac yang anda pasang jauh dari paparan sinar matahari. 

Jangan sampai uang yang sudah anda keluarkan untuk membeli ac sia-sia. Untuk pemasangannya, sebaiknya juga bebas dari lokasi yang mudah muncul debu. Tidak hanya itu saja, perhatikan pula mengenai ventilasi udaranya. Makin banyak ventilasi udara di ruangan anda, akan membuat kinerja ac menjadi makin keras. Akibatnya ac akan cepat rusak. 

Tidak sering-sering melakukan on-off 


Perawatan seperti ini maksudnya adalah ketika anda menyalakan ac, jangan langsung dimatikan lalu dinyalakan kembali langsung. Kondisi demikian akan berpengaruh pada penggunaan listrik di rumah anda. Tidak hanya itu, hal itu juga akan berdampak pada mesin ac. Pada ac inverter anda bisa membuat pengaturan suhu yang lebih stabil. Artinya anda tidak perlu sering mematikan ac kemudian langsung menyalakannya kembali. Terlebih jika pada ac itu sudah dilengkapi fitur dual cool dan jet cool, dimana anda tidak perlu lagi melakukan pengaturan yang rumit harus menaikkan dan menurunkan suhu. 


Tidak ada komentar